Thursday, April 17, 2014
Link
Kementerian Pertanian Republik Indonesia Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia
Kementerian Kehutanan Republik Indonesia Badan Urusan Logistik Republik Indonesia
DPP Partai Persatuan Pembangunan Fraksi Partai Persatuan Pembangunan
 
Berita
KKP Bakal Evaluasi Spesifikasi Teknis Kapal Inka Mina

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bakal melakukan evaluasi terhadap spesifikasi teknis kapal Inka Mina. Pasalnya, kapal Inka Mina banyak yang mengalami kerusakan.

"Kami akan melakukan evaluasi spesifikasi teknis," kata Menteri KKP Sharif C Sutardjo dalam Rapat Kerja dengan Komisi IV DPR RI di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (21/1).

Dalam kesempatan tersebut, Komisi IV DPR RI meminta KKP untuk segera melakukan evaluasi terhadap spesifikasi teknis kapal penangkap ikan 30 GT. "Kami tidak menggugat program tapi spesifikasi teknis yang kurang. Jadi, untuk program kapal Inka Mina 2013 harus mengacu pada standar evaluasi itu," kata Ketua Komisi IV DPR RI Romahurmuziy seusai rapat kerja tersebut.

Komisi IV DPR RI menyontohkan, Kapal Inka Mina yang rusak tersebut seperti Kapal Inka Mina 57 di Sumatera Utara yang mengalami kerusakan pada bagian mesin pemompaan BBM April 2012 lalu, empat kapal inka mina rusak dihantam gelombang di Cilacap, dan kapal Inka Mina 328 Lampung yang mati di tengah laut.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP Heriyanto Marwoto menuturkan, evaluasi akan dilakukan dan program bantuan kapal ini juga akan dilakukan. Namun, menurut Marwoto, seyogianya program bantuan ini ditunda menunggu hasil evaluasi keluar. "Daripada penyerapan rendah lebih baik ditunda," kata Marwoto.

Marwoto menuturkan, untuk tahun ini, pihaknya menargetkan pemberian 125 kapal dengan total anggaran Rp 187,5 miliar.

Bantuan Kapal Inka Mina yang dilakukan KKP merupakan implementasi dari Instruksi Presiden Nomor 01 Tahun 2012 tentang Percepatan Pembangunan Nasional melalui Restrukturisasi Armada Penangkapan Ikan dari ukuran kecil menjadi ukuran menengah besar agar dapat beroperasi ke laut lepas lebih dari 12 mil.

Semua kapal berbahan Fiberglass Reinforcement Plastic (FRP) agar efektif dan efisien dalam beroperasi di laut. Tiap kapal dilengkapi mesin utama berukuran 170 PK, generator set 20 KVA, alat tangkap yang ditentukan sesuai kebutuhan, fish finder, Geography Position System (GPS), serta radio band CB untuk mengirim informasi. Bahkan, kapal juga dapat memberikan informasi dari laut ketika melihat kapal asing ilegal menangkap ikan di perairan Indonesia.

Program bantuan kapal Inka Mina ditargetkan sebanyak 1.000 kapal pada tahun 2010-2014. Total anggaran untuk pengadaan kapal itu sebanyak Rp 1,5 triliun. Hingga tahun 2012 sudah terealisasi sebanyak 521 unit. (Bug/OL-8)

 
Actions: E-mail | Permalink | Comments (0) RSS comment feed | Bookmark and Share

Post Rating

Comments

There are currently no comments, be the first to post one.

Post Comment

Name (required)

Email (required)

Website

Enter the code shown above:

 
Berita Populer
Kategori

Komisi IV (150)

Kunker (41)

Legislasi (23)

Politik (832)

Arsip
 
Privacy Statement  |  Terms Of Use
© 2011-2013 M. Romahurmuziy